Ada beberapa cara pendinginan yaitu :
1. Dengan pendingin udara, digunakan pelepas panas berupa sirip
pendingin yang terpasang pada silinder dan kepala silinder.
2. Dengan udara yang ditiupkan ( force air ), sebuah kipas angin
dipasang pada mesin, udara disalurkan melalui penutup mesin yang
dirancang sesuai kebutuhan pendinginan,
3. Dengan pendingin air ( water cooled).
4. Dengan menggunakan oli.
PENDINGINAN DENGAN UDARA
Dengan mengarahkan aliran udara dingin ke sirip pendingin saat kendaraan
jalan. Panas pada silinder mengalir dari dinding sebelah dalam ke
dinding luar kemudian keluar ke udara luar, pengantaran panas dan dalam
ke luar tergantung juga pada jenis logam / material yang digunakan.
Itulah sebabnya aluminium dengan daya hantar panas yang baik
dipergunakan pada silinder atau kepala ( head ) silinder.
Pendinginan pada dinding luar dipengaruhi oleh beberapa factor
diantaranya :
o Temperatur udara yang menerpanya diantara sirip-sirip pendingin,
o Luas penampang sirip pendingin dan,
o Kecepatan aliran udara tersebut.
Pada umumnya untuk mesin 2 langkah penempatan saluran ruang agak ke
depan memungkinkan sirip pendingin menyerap panas mengakibatkan suatu
pendinginan mesin secara efektip. Sirip-sirip pendingin yang terbuat dan
aluminium ditempatkan berjarak 8-15 mm dengan panjarig sekitar 50-80
mm. Untuk menghindari bunyi karena getaran, sirip-sirip dihubungkan
dengan rusuk atau diganjalkan dengan karet.
Pendinginan dengan udara bebas ini mengalir melalui sela-sela atau rusuk
pendingin yang telah tersedia disekeliling silinder atau head silinder.
Teknik ini banyak digunakan pada mesin motor dibawah 500cc seperti pada
Honda,Yamaha, Suzuki dan juga Kawasaki.Tujuan utama system pendinginan
system ini adalah :
a. Untuk mencegah terbakarnya lapisan pada dinding silinder
b. Untuk mereduksi tegangan-tegangan termis pada bagian-bagian silinder,
torak, cincin torak,dan katup-katup
c. Untuk menaikkan efisiensi panas
Adapun perawatan yang harus dilakukan agar pendingin selalu bekerja
dengan baik yaitu :
o Rusuk Pendingin harus bersih
o Rusuk pendingin jangan dicat terlalu tebal
o Jangan menghidupkan mesin terlalu lama jika tidak dijalankan
o Sela-sela lubang angina pada silinder atau head silinder harus bersih.
PENDINGINAN DENGAN UDARA BERTENAGA YANG DITIUPKAN (FORCED-AIR COOLING)
Dengan Forced air cooling, kipas berputar saat mesin hidup, mengalirkan
udara ke arah silinder dan kepala silinder. Agar pendinginan lebih
efektif dipergunakan saluran udara.
Pada teknik pendinginan jenis ini, udara dipaksa masuk dan mengalir
melalui rusuk pendingin mesin yang dilakukan oleh kipas blower. Kipas
ini terpasang pada rotor magnet. Teknik pendinginan dengan udara yang
dipaksa ini dapat dijumpai pada Vespa, Lambretta dan scuter Bajaj.
Perbedaan dengan pendinginan udara bebas adalah pada cara
menghidupkannya, pada pendinginan udara bebas tidak boleh terlalu lama
mesin hidup ditempat tanpa dijalankan, sedangkan pada motor dengan
system udara yang dipaksa, mesin dapat dihidupkan di tempat dalam waktu
yang tak terbatas, karena memiliki kipas blower. Adapun cara
perawatannya hampir sama dengan pendingnan dengan udara bebas, hanya
saja perlu perawatan tambahan untuk membersihkan kipas blower agar tidak
kotor.
Sistem Pendingin Pada Motor
19.41 |
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Pages
Diberdayakan oleh Blogger.
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "
Popular Posts
-
Kendaraaan akan mengalami panas akibat dari pembakaran bahan bakar. Walaupun sebagian efisiensi panas itu dimanfaatkan kembali oleh...
-
Sistem pendinginan sepeda motor berfungsi untuk mendinginkan mesin agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over he...
-
Perawatan mobil klik disini
-
Ada beberapa cara pendinginan yaitu : 1. Dengan pendingin udara, digunakan pelepas panas berupa sirip pendingin yang terpasang pada silin...
-
LCD Text Generator at TextSpace.net
-
Unduh gambar animasi Klik disini
-
Mesin mobil yang bekerja membutuhkan suatu komponen yang berfungsi untuk mendinginkan. Pada mobil yang berfungsi untuk mendinginkan me...
-
Pengen hemat BBM,,,,,??? klik disini
About Me
- Jendral imoetzz
0 komentar:
Posting Komentar