Followers

RSS

Tutup Radiator



Tutup radiator memiliki fungsi untuk menjaga agar sirkulasi air antara radiator dengan tabung resevoir dapat terjadi, baik saat mesin panas maupun kondisi dingin.

Untuk itu, komponen karet, per dan katup pada tutup radiator perlu diperiksa agar tetap berfungsi maksimal. Bila sil karet di tutup radiator tak mampu menutup sempurna, tekanan ideal di radiator akan sulit terjadi, dan kebocoran akan terjadi sehingga jumlah air berkurang. Akibatnya mobil berisiko mengalami overheat.

Begitu pula halnya dengan per di tutup radiator. Meski komponen ini jarang sekali mengalami kerusakan, kekerasan per ini berhubungan dengan tekanan yang terjadi pada sistem.

Hal ini ditunjukkan oleh angka 0,9 bar, 1,1 bar, sampai 1,5 bar yang terlihat pada tutup radiator. Angka ini menandakan tekanan yang dapat ditahan tutup radiator sebelum air mengalir ke tabung resevoir.

Semakin tinggi tekanan pada tutup radiator, maka air akan sulit mendidih sehingga sistem akan lebih tahan terhadap gejala overheat.  Tak heran bila sistem bertekanan tinggi biasanya digunakan pada mesin performa tinggi.

 Namun jika tekanan setinggi ini diterapkan pada mesin standar, sil karet di mesin mudah mengalami kebocoran. Hal ini bisa diakibatkan oleh tekanan yang lebih tinggi dari standar bila mobil menggunakan tutup radiator kompetisi.

Komponen terakhir yang perlu diperhatikan pada tutup radiator adalah katup vakum. Perannya adalah membuka kembali jalan bagi air untuk terisap ke cooling system ketika tekanan sudah berkurang. Itu sebabnya pada tabung resevoir terdapat batas maksimum dan minimum.
 
 
Hati-hati membuka tutup radiator!
 Pastikan mesin dalam kondisi dingin.Pada beberapa kendaraan seperti BMW, Toyota Avaza dan lainnya, perlu ada proses membuang gelembung udara yang terperangkap di dalam cooling system agar tidak terjadi overheat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Popular Posts

About Me

Jendral imoetzz
Lihat profil lengkapku