Followers

RSS

Sistem Pendingin Pada Motor


Ada beberapa cara pendinginan yaitu :
1. Dengan pendingin udara, digunakan pelepas panas berupa sirip pendingin yang terpasang pada silinder dan kepala silinder.

2. Dengan udara yang ditiupkan ( force air ), sebuah kipas angin dipasang pada mesin, udara disalurkan melalui penutup mesin yang dirancang sesuai kebutuhan pendinginan,
3. Dengan pendingin air ( water cooled).
4. Dengan menggunakan oli.

PENDINGINAN DENGAN UDARA

Dengan mengarahkan aliran udara dingin ke sirip pendingin saat kendaraan jalan. Panas pada silinder mengalir dari dinding sebelah dalam ke dinding luar kemudian keluar ke udara luar, pengantaran panas dan dalam ke luar tergantung juga pada jenis logam / material yang digunakan. Itulah sebabnya aluminium dengan daya hantar panas yang baik dipergunakan pada silinder atau kepala ( head ) silinder.

Pendinginan pada dinding luar dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya :
o Temperatur udara yang menerpanya diantara sirip-sirip pendingin,
o Luas penampang sirip pendingin dan,
o Kecepatan aliran udara tersebut.

Pada umumnya untuk mesin 2 langkah penempatan saluran ruang agak ke depan memungkinkan sirip pendingin menyerap panas mengakibatkan suatu pendinginan mesin secara efektip. Sirip-sirip pendingin yang terbuat dan aluminium ditempatkan berjarak 8-15 mm dengan panjarig sekitar 50-80 mm. Untuk menghindari bunyi karena getaran, sirip-sirip dihubungkan dengan rusuk atau diganjalkan dengan karet.

Pendinginan dengan udara bebas ini mengalir melalui sela-sela atau rusuk pendingin yang telah tersedia disekeliling silinder atau head silinder. Teknik ini banyak digunakan pada mesin motor dibawah 500cc seperti pada Honda,Yamaha, Suzuki dan juga Kawasaki.Tujuan utama system pendinginan system ini adalah :
a. Untuk mencegah terbakarnya lapisan pada dinding silinder
b. Untuk mereduksi tegangan-tegangan termis pada bagian-bagian silinder, torak, cincin torak,dan katup-katup
c. Untuk menaikkan efisiensi panas

Adapun perawatan yang harus dilakukan agar pendingin selalu bekerja dengan baik yaitu :
o Rusuk Pendingin harus bersih
o Rusuk pendingin jangan dicat terlalu tebal
o Jangan menghidupkan mesin terlalu lama jika tidak dijalankan
o Sela-sela lubang angina pada silinder atau head silinder harus bersih.

PENDINGINAN DENGAN UDARA BERTENAGA YANG DITIUPKAN (FORCED-AIR COOLING)

Dengan Forced air cooling, kipas berputar saat mesin hidup, mengalirkan udara ke arah silinder dan kepala silinder. Agar pendinginan lebih efektif dipergunakan saluran udara.

Pada teknik pendinginan jenis ini, udara dipaksa masuk dan mengalir melalui rusuk pendingin mesin yang dilakukan oleh kipas blower. Kipas ini terpasang pada rotor magnet. Teknik pendinginan dengan udara yang dipaksa ini dapat dijumpai pada Vespa, Lambretta dan scuter Bajaj. Perbedaan dengan pendinginan udara bebas adalah pada cara menghidupkannya, pada pendinginan udara bebas tidak boleh terlalu lama mesin hidup ditempat tanpa dijalankan, sedangkan pada motor dengan system udara yang dipaksa, mesin dapat dihidupkan di tempat dalam waktu yang tak terbatas, karena memiliki kipas blower. Adapun cara perawatannya hampir sama dengan pendingnan dengan udara bebas, hanya saja perlu perawatan tambahan untuk membersihkan kipas blower agar tidak kotor.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Popular Posts

About Me

Jendral imoetzz
Lihat profil lengkapku